Abstract:
Media Massa saat ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap
perubahan pola pikir masyarakat, hal itu membuktikan bahwa peran media massa
sangat vital dalam membangun karakter dan tingkah laku masyarakat
(khalayak).Salah satu Media Massa yang populer saat ini adalah televisi, yang
mana televisi ini menjadi konsumsi sehari-hari kebanyakan masyarakat (khalayak)
untuk mendapatkan informasi maupun hiburan.Reality Show merupakan salah
satu Program acara Televisi yangberfungsi sebagai tayangan yang memberikan
informasi, edukasi dan juga hiburan sehingga banyak diminati oleh masyarakat
(Khalayak). Tayangan Reality Show yang ingin dibahas ialah Reality Show
Karma. Tujuan Penelitian pada Tayangan Reality Show Karma adalah untuk
mengetahui bagaimana Opini Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Medan
Area terhadap Tayangan Reality Show Karma, apakah memberikan manfaat yang
baik bagi penonton. Perumusan Masalah dari Penelitian ini adalah bagaimana
Opini Mahasiswa terhadap Tayangan Reality Show Karma dengan Indikator
Realitas Sosial, Informatif, Edukatif, Hiburan, Partisipan Penonton dan Mistik.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Survey dan penyebaran Kuesioner
kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univertsitas Medan Area sebanyak 59
Responden.Hasil dari Penelitian yang dilakukan dilihat dari keseluruhan Indikator
yang telah dijabarkan dalam Kuesioner dan dijawab Responden bahwa Opini
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area terhadap Tayangan Reality
Show Karma dinyatakan kurang baik karena tidak memiliki beberapa fungsi
media yang seharusnya terkandung didalam program Tayangan Reality Show.