Abstract:
Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada
anak dibawah umur dalam pembentukan karakter di Jalan Pembangunan 1 Desa
Sekip Lubuk Pakam. Tipe pada penelitian ini adalah Kualitatif . Secara teoritis
penelitian ini menambah ilmu pengetahuan sosial serta tahu akan dampak positif
serta negatif dalam penggunaan gadget pada anak dibawah umur, serta lebih tahu
akan waktu dan batasan tentang mengenai penggunaan gadget pada anak dibawah
dalam pembentukan karakter anak. Hasil penelitian yang diteliti : 1) bahwa ada
sebagian orang tua yang membatasi anak dalam bermain gadget dan bahkan ada
juga orang tua yang tidak membatasi anak dalam bermain gadget, 2) ada sebagian
orang tua tidak tahu dampak dari penggunaan gadget pada tumbuh kembang anak
terutama pada perkembangan anak, 3) ada sebagian orang tua mengawasi anak
ketika bermain gadget dan ada juga orang tua yang tidak terlalu sering mengawasi
anak dalam bermain gadget dengan alasan bahwa orang tua tersebut seorang
pekerja dan tidak selalu disamping anak tersebut, 4) bahkan peneliti menemukan
sosok anak yang karakternya berubah akibat terlalu sering menonton dan bermain
game yang bersifat kekerasa sehingga anak tersebut jadi tempramental. Sebaiknya
orang tua harus lebih berhati – hati, mengawasi dan memonitoring kegiatan anak
dalam menggunakan gadget sehari – hari.
Seharusnya gadget digunakan untuk hal yang positif. Dan sebaiknya gadget
tidak sembarangan digunakan oleh anak yang masih berumus 4 – 8 tahun. Karena
itu masih masa anak – anak untuk bermain dengan teman sebaya dan berinteraksi
sosial secara langsung oleh lingkungan.