Abstract:
Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI IPA ialah terdapat beberapa siswa
yang sulit berkonsentrasi ketika pembelajaran berlangsung serta merasa tidak
mampu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari
penelitian ini ialah untuk mengatasi kecemasan dalam belajar melalui layanan
konseling individual dengan menggunakan pendekatan humanistik pada siswa
kelas XI MAS LAB IKIP AL-Wasliyah Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
tahap-tahap layanan konseling individual untuk melihat perubahan siswa selama
pemberian layanan. Subjek penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA yang
berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian ini berjumlah 5 siswa yang
sesuai dengan kriteria kecemasan dalam belajar. Instrumen penelitian ini
menggunakan instrumen observasi, dan wawancara. Setelah dilakukannya
penelitian, maka didapatkan hasil penelitian bahwa layanan konseling individual
dengan menggunakan pendekatan humanistik mampu mengatasi kecemasan
dalam belajar pada siswa kelas XI MAS LAB IKIP AL-Wasliyah Medan tahun
pembelajaran 2019/2020, dengan data evaluasi layanan I masih belum teratasi dan
data hasil evaluasi II teratasi yang berarti bahwa siswa sudah tidak lagi mengalami
kecemasan dalam belajar.