Abstract:
Skripsi ini berjudul “implementasi promosi paket promo transportasi
online (Grab) terhadap loyalitas customer”. Promosi merupakan salah satu cara
perusahaan melakukan komunikasi melalui pesan-pesan yang didesain untuk
menstimulasi terjadinya kesadaran (awareness), ketertarikan (interest), dan
berakhir dengan tindakan pembelian (purchase) yang dilakukan oleh pelanggan
terhadap produk atau jasa perusahaan. Dengan Kemajuan teknologi dan ilmu
pengetahuan memudahkan pula mempromosikan suatu produk menjadi lebih
menarik minat masyarkat. Adapun fenomena transportasi ojek online dan taxi
online yang lagi terkenal di Indonesia, pasalnya sarana pengangkutan tersebut
berbasis teknologi yang memungkinkan pengguna jasa menggunakan jasanya
dimana saja dan kapan saja, dengan memanfaatkan teknologi pada smartphone.
Implementasi dari sebuah promosi untuk suatu produk diperuntukan kepada
masyarakat yang memiliki loyalitas terhadap penggunaan paket promo yang sudah
dipromosikan.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan diteliti
dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi promosi paket promo
transportasi online (Grab) terhadap loyalitas customer. Teori-teori yang dibahas
dalam penelitian ini adalah implementasi, komunikasi, komunikasi pemasaran,
promosi, dan loyalitas.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriftif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer
dan data sekunder, dimana data primer tersebut adalah dengan menggunakan
metode wawancara, sedangkan data skunder berupa data-data lain yang berkaitan
dengan topik yang dibahas seperti di atas, ini diperoleh dari buku, perpustakaan
dan internet. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah marketing
promosi grab cabang medan, customer grab. Teknik analisi data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah dengan data reduksi, penyajian data, dan verifikasi
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi promosi paket promo
transportasi online (grab) terhadap loyalitas customer dilakukan melalui promosi
yang mencakup penerapan, perencanaan, pengarahan dan periklanan. Dan
promosi paket promo ini dapat menarik ketertarikan customer untuk
menggunakan aplikasi grab.