Abstract:
Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang atau lebih. Sama halnya seperti
service counter yang bertugas untuk melayani pelanggan di perusahaan distribusi
motor, seperti PT. Alfa Scorpii Cabang Kapten Muslim. Bagian petugas service
counter sama jenisnya dengan customer service, call center, dan tugas pelayanan
pelanggan di perusahaan lainnya. Seorang petugas pelayanan pelanggan
menjawab berbagai pertanyaan yang masuk dan menjawab permintaan informasi,
pertanyaan, keluhan, pesanan dan masalah yang dihadapi penelepon. Peneliti
mengambil lokasi penelitian di PT. Alfa Scorpii Cabang Kapten Muslim karena
yang berdiri disana perlahan-lahan mulai menunjukkan gairah sales dan service
yang menjadi dealer induk di daerah tersebut. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “ Bagaimana Pola Komunikasi Service Counter Di PT. Alfa
Scorpii Cabang Kapten Muslim”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pola komunikasi service counter kepada konsumen yang ingin service
di PT. Alfa Scorpii Cabang Kapten Muslim.Teori-teori yang digunakan adalah
teori komunikasi, proses komunikasi, teori komunikasi interpersonal, proses
komunikasi interpersonal, karakteristik komunikasi interpersonal, asas-asas
komunikasi interpersonal, komunikasi persuasif, tujuan komunikasi persuasif.
Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap
pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka
dengan narasumber, reduksi data, kemudian menyajikan data yang dianalisis
peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh
peneliti yaitu 4 (empat) orang narasumber terdiri dari konsumen, Pimpinan dan
petugaas service counter di PT. Alfa Scorpii Cabang Kapten Muslim dengan
mengajukan masing-masing 6 (enam) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari
penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti
menyimpulkan bahwa Pola Komunikasi Service Counter Di PT. Alfa Scorpii
Cabang Kapten Muslim sangat baik. Berdasarkan adanya timbal balik dari arus
komunikasi yang dilakukan petugas service counter dengan konsumen. sehingga
konsumen merasa puas dengan pelayanan tersebut. Konsumen juga rutin
melakukan service di PT. Alfa Scorpii Cabang Kapten Muslim. Begitu juga
tindakan petugas service counter saat konsumen ingin melakukan service dengan
menyambut dan melayani dengan menanyakan keluhan konsumen.