Abstract:
Peran Biro Perjalanan Umroh dan Haji Khusus menjadi sangat penting bagi
pelaksanaan ibadah haji khusus maupun ibadah umroh, mengingat nilai ibadah
yang sangat tinggi, dan pelaksanaannya yang berada diluar Indonesia. Peluang
bisnis untuk menyelenggarakan ibadah umrah sangat menarik karena mayoritas
penduduk Indonesia beragama Islam. Ditahun 2017 ini, kembali terjadi biro
perjalanan umroh yang saat ini sedang menjadi sorotan yaitu Biro Perjalanan
Umroh PT. First Anugerah Karya Wisata (First Travel). Kasus yang berawal dari
pelaporan seorang Jemaah Umroh kini bergulir panjang. Program promo yang
digelar biro perjalanan First Travel, berhasil mengambil hati puluhan ribu orang.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada dampak
pemberitaan kasus first travel terhadap kepercayaan masyarakat dalam memilih
travel umroh pada masyarakat Kecamatan Patumbak Desa Lantasan Lama. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk megetahui seberapa besar dampak yang
ditimbulkan akibat adanya pemberitaan kasus First Travel yang muncul di media
social maupun televisi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriftif
korelasi. Untuk mengetahui apakah ada dampak yang ditimbulkan oleh
pemberitaan kasus First Travel kepada masyarakat,
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan
dengan mengumpulkan data yang berupa angka. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan bahwa pemberitaan mengenai First Travel berdampak terhadap
kepercayaan masyarakat dalam menggunakan jasa travel umroh, hal ini terlihat
dari nilai uji t yang lebih tinggi dari tabel yaitu 5,721 > 1,986, dan juga taraf
signifkansi yang bernilai lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000, hal ini menunjukan
bahwa pemberitaan mengenai penipuan jamaah umroh first travel berdampak
besar dalam usaha travel umroh khususnya di Kecamatan Patumbak. penelitian ini
menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kasus First Travel dengan dampak
kepercayaan terhadap pengguna travel umroh.