Abstract:
Iklan sebagai suatu alat pemasaran yang sangat penting dalam dunia
industri saat ini, dapat memberikan dampak-dampak tertentu pada masyarakat.
terutama iklan Tv berjenis Makanan. iklan makanan cepat saji atau Fast
foodmengandung gizi yang sedikit dan tidak seimbang untuk tubuh. Hal ini sesuai
dengan pendapat bahwa “Fast food mengandung tinggi kalori, lemak, gula dan
sodium (Na), tetapi rendah serat, Vitamin A, asam askorbat, kalsium dan folat
sehingga apabila terlanjur menjadi pola makan, akan berdampak negatif bagi
status gizi”. (Nanik Kristanti, dkk, 2009:39).
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : Menganalisis dan
mendeskripsikan bagaimana pengaruh tayangan iklan TV makanan cepat saji
terhadap obesitas pada remaja di kecamatan medan baru, khususnya di kelurahan
merdeka. serta Mendeskripsikan, dan Menganalisis efek dari tayangan iklan
makanan cepat saji (fast food) pada remaja tersebut. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Korelasional, yaitu
menganalisis data dan mencari tingkat hubungan antar variabel yang satu dengan
variabel lainnya dengan melakukan pengujian hipotesis. Hasil yang di temukan,
yaitu:Terdapat hubungan yang signifikan antara iklan tv makanan cepat saji
terhadap obesistas pada remaja di Kecamatan Medan Baru, Kelurahan
Merdeka.Hubungan antara dimana tingkat atau derajat keeratan iklan tv makanan
cepat saji dan obesistas pada remaja di Kecamatan Medan Baru, Kelurahan
Merdeka yaitu cukup Sedang. yang artinya, Iklan Tv makanan cepat saji
memberikan pengaruh signifikan terhadap Obesitas pda remaja di kematan medan
baru, kelurahan merdeka.