Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskana Strategi Promosi PT. Wahana Trans Lestari Medan
dalam meningkatkan aneka penjualan produk Nissan Datsun. Teori yang digunakan adalaj
teori AIDDA, dalam penelitian ini karyawan perusahaan PT. Wahana Trans Lestari Medan
menggunakan bauran komunikasi pemasaran dalam melakukan promosi. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh
selama penelitian akan disajikan dalam bentuk analisis data dengan 5 (Lima) orang informan
yang terbagi menjadi 3 (tiga) dari karyawan lelaki di PT. Wahana Trans Lestari Medan dan 2
(Dua) dari karyawan perempuan PT. Wahana Trans Lestari Medan. Data yang diperoleh dari
lapangan dilakukan analisis melalui tahap reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah dalam melakukan promosi, karyawan memiliki
strategi yang berbeda-beda, masing-masing dari karyawan memiliki cara yang kreatif dan
inovatif tetapi tidak keluar dari aturan yang ditetapkan perusahaan. Strategi promosi ini tidak
lepas dari aktivitas bauran komunikasi pemasaran seperti produk, harga (price), distribusi
pemasaran dengan efektif maupun meningkatkanpenjualan aneka produk Nissan Datsun di PT.
Wahana Trans Lestari Medan. Saran dalam penilitian ini memunculkan strategi promosi yang
lebih kreatif dan inovatif sehingga sasaran tidak hanya pada masyarakat yang sudah memiliki
keluarga tetapi anak muda dan sebaiknya karyawan tidak malu untuk menuangkan aspirasi, ide
dan gagasan ketika melakuakan strategi promosi untuk kemajuan PT. Wahana Trans Lestari
Medan.