Abstract:
Penelitian ini bertujuan utuk mengembangkan modul berbasis Pendekatan Kontekstual pada
materi operasi aljabar. Produk yang dikembangkan dinilai dari kevalidan dan kelayakan.
Prosedur pengembangan modul mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap
pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap
penyebaran (disseminate) namun dimodifikasi menjadi model 3-D karena keterbatasan waktu
peneliti tidak sampai pada tahap penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1
di SMP Swasta Pelita Medan. Instrumen yang digunakan dalam mengembangan modul yaitu
RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan pendekatan kontekstual, modul yang
divalidkan oleh para ahli validator, tes hasil belajar untuk melihat kualitas modul yang
dikembangkan untuk digunakan siswa. Kualitas kevalidan modul memenuhi kategori “sangat
baik”, yang diperoleh dari rata-rata RPP yaitu skor 4,3 dari skor total yaitu 5. Sedangkan skor
rata-rata kevalidan modul yaitu 4,3 dari total 5 yang memenuhi kategori “sangat baik” dan
hasil tes belajar jika dipersentasekan mendapatkan 85% siswa tuntas yang berarti modul
tersebut layak digunakan siswa pada materi operasi aljabar.