Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara
kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) dan tipe TPS (Think Pair Share) pada mata
pelajaran Matematika kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan.
Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X Akutansi 1 dan X Akutansi SMK Swasta Budisatrya Medan.
Penentuan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 ditentukan oleh peneliti.
Kelas X Akutansi 1 merupakan kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas X Akutansi 2 sebagai
kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dengan instrumen yang berupa tes
pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian
ditolak. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas
eksperimen 1 sebesar 82,0690 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2
sebesar 72,7586. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa kemampuan
pemecahan masalah kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2