Research Repository

Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TPS Pada Siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P. 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Wati, Rama
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:50:50Z
dc.date.available 2020-11-11T07:50:50Z
dc.date.issued 2018-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10454
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran Matematika kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akutansi 1 dan X Akutansi SMK Swasta Budisatrya Medan. Penentuan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 ditentukan oleh peneliti. Kelas X Akutansi 1 merupakan kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas X Akutansi 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dengan instrumen yang berupa tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 1 sebesar 82,0690 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2 sebesar 72,7586. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe STAD en_US
dc.subject Model pembelajaran kooperatif tipe TPS en_US
dc.title Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe TPS Pada Siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P. 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account