Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pelatihan terhadap prestasi kerja, dan pengaruh disiplin terhadap prestasi kerja,
serta pengaruh pelatihan dan disiplin terhadap prestasi kerja baik secara parsial
maupun simultan pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT.
PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Medan sebanyak 71 orang sedangkan
sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan
berjumlah 71 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi
Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial diketahui bahwa pelatihan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pada PT. PLN
(Persero) UP3 Medan diperoleh thitung sebesar 10,799 > ttabel 1,995 dan nilai
signifikan 0,000 < 0,05, disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) UP3 Medan diperoleh thitung
sebesar 11,530 > ttabel 1,995 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan
diketahui bahwa pelatihan dan disiplin kerja memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) UP3 Medan diperoleh
Fhitung sebesar 1527,676 > Ftabel 3.13 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.