Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualittas produk terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dan untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap
keputusan pembelian sepatu converse pada mahasiswa universitas
muhammadiyah sumatera utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. sedangkan
sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan
berjumlah 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji
F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens)
versi 24.00. Secara parsial diketahui bahwa kualitas produk memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu converse dimana
diperoleh (thitung.6,692) > (ttabel 1,984) dan angka sig 0.000 < 0,05. Secara parsial
diketahui bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian sepatu converse dimana di peroleh (thitung.4,453) > (ttabel
1,984) dan angka sig 0.000 < 0,05. Secara simultan diketahui bahwa kualitas
produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian sepatu converse dimana diperoleh (Fhitung.37,694) > (Ftabel 3,09) dan
angka sig 0.000 < 0,05.