Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh perhatian
orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018? (2)
Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan
sosial terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47
Sunggal T.P 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada
pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap
prestasi belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P
2017/2018.(2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua,
motivasi belajar dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika pada
siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal T.P 2017/2018. Teknik dan alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi. Dan yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas
VIII yang berjumlah 131 siswa. Angket yang digunakan terdiri atas angket
perhatian orang yang berjumlah 28 butir pertanyaan, angket motivasi belajar yang
berjumlah 18 butir pertanyaan, dan angket lingkungan sosial yang berjumlah 27
butir pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai Fhitung =
16,064 > nilai Ftabel = 2,68, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05.
Sedangkan nilai thitung untuk perhatian orang tua adalah 2,867, motivasi belajar
adalah 4,819, dan untuk lingkungan sosial adalah 3,156 lebih besar dari nilai ttabel
= 1,979, dengan nilai signifikan masing-masing adalah perhatian orang tua =
0,005, motivasi belajar = 0,000, dan lingkungan sosial = 0,002, lebih kecil dari
0,05, yang artinya memiliki pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perhaitan
orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap variabel prestasi
belajar siswa SMP Muhammadiyah 47 Sungal, dengan besarnya variabel
perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial yang dapat dijelaskan
oleh prestasi belajar Matematika adalah sebesar 26,7%, sedangkan sisanya, yaitu
73,3% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.