dc.contributor.author | Rezeki, Rahmah Sari | |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T06:00:45Z | |
dc.date.available | 2020-11-11T06:00:45Z | |
dc.date.issued | 2020-10-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10295 | |
dc.description.abstract | Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar Tahun Ajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 6 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar Tahun Ajaran 2019/2020. Wawancara dan juga observasi yang dilakukan pada siswa menunjukkan peningkatan kecerdasan emosi siswa pada saat sebelum dilakukan tindakan BK yaitu layanan Bimbingan Kelompok. Seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan kecerdasan emosi dari sebelum diberikannya layanan Bimbingan Kelompok. | en_US |
dc.subject | Bimbingan Kelompok | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Emosi | en_US |
dc.subject | Siswa SMP | en_US |
dc.title | Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |