Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui
suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota
untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah
timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar Tahun
Ajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan
jumlah 6 orang siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok mampu meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII SMP N 1
Bandar Tahun Ajaran 2019/2020. Wawancara dan juga observasi yang dilakukan
pada siswa menunjukkan peningkatan kecerdasan emosi siswa pada saat sebelum
dilakukan tindakan BK yaitu layanan Bimbingan Kelompok. Seluruh siswa yang
menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan kecerdasan emosi dari sebelum
diberikannya layanan Bimbingan Kelompok.