Abstract:
Diskriminasi adalah sebagai suatu tindakan atau perlakuan yang mencerminkan
ketidakadilan terhadap individu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh
adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut.
Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk
membeda-bedakan atau mengelompokkan diri. Perlakuan secara tidak adil bisa
terjadi dimana dan kapan saja karena adanya perbedaan karakteristik antara lain:
Perbedaan suku dan ras; Perbedaan kelas sosial; Perbedaan gender; Perbedaan
agama/kepercayaan; Perbedaan kondisi fisik dan lain-lain. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengatasi permasalahan Diskriminasi Sosial Siswa dengan
menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dan Pendekatan Rational Emotive
Theraphy (RET). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP An
Nadwa Islamic Centre Binjai yang berjumlah 6 orang. Adapun instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang sesuai
dengan penerapan layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational
Emotive Theraphy (RET) untuk mengatasi permasalahan diskriminasi sosial.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian
dapat diketahui bahwa siswa dapat mengatasi masalah diskriminasi sosial dengan
baik sehingga siswa dapat saling menghormati dan menghargai antar sesama
temannya dalam lingkungan sekitar setelah dilaksanakannya layanan bimbingan
kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Theraphy (RET).