Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah
ada pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pemahaman konsep
matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P
2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
Apakah ada pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pemahaman
konsep matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P
2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta
Harapan Mekar Medan yang berjumlah 66 orang yaitu 33 orang siswa kelas VII-B
sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (posttest).
Teknik
analisis
data
menggunakan
uji
prasyarat
(
uji
normalitas
dan
uji
homogenitas)
dan
uji
hipotesis.
Dan
hasil
penelitian
dengan
menggunakan
uji
hipotesis
yang
menggunakan
uji-t
diperoleh
harga
thitung
(3.8531)
setelah
dibandingkan
dengan
ttabel
(1.9977),
ternyata
thitung
(3.8531)
>
ttabel
(1.9977)
sehingga
Ha
diterima
dan
H0
ditolak.
Hal
ini
berarti
ada
pengaruh
antara
model
pembelajaran
Role
Playing
terhadap
Pemahaman
Konsep
Matematika
pada
Siswa
SMP
Swasta
Harapan
Mekar
Medan
T.P
2017/2018
dengan
pengaruh
sebesar
9,1%.