dc.contributor.author | Harahap, Ditta Safitri | |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T04:29:48Z | |
dc.date.available | 2020-11-11T04:29:48Z | |
dc.date.issued | 2018-03-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10221 | |
dc.description.abstract | Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran role playing terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Mekar Medan yang berjumlah 66 orang yaitu 33 orang siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitung (3.8531) setelah dibandingkan dengan ttabel (1.9977), ternyata thitung (3.8531) > ttabel (1.9977) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara model pembelajaran Role Playing terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan T.P 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 9,1%. | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep Matematika | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |