Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajaran matematika
sebelum digunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Pada Siswa SMP Negeri 2 Simangambat, (2) pengaruh model pembelajaran
Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada
Siswa SMP Negeri 2 Simangambat.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan pengujian Korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa SMP Negeri 2 Simangambat, sedangkan sampel dalam penelitian
ini berjumlah 51 orang yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX .
Analisis data dilakukan dengan analisis Korelasi Product Moment, hasil
penelitian ini menunjukan: (1) rata-rata nilai model AIR siswa pada mata
pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Simangambat adalah sedang dengan nilai
rata-rata hitung (X) sebesar 50,5, (2) rata-rata hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Simangambat masuk dalam kategori
sedang dengan nilai rata-rata hitung (X) sebesar 69,31, (3) terdapat pengaruh yang
signifikan antara model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil
belajar matematika di SMP Swasta Tembung dengan nilai rxy = 0,63243 dan dan
Koefisien Determinasi sebesar 39,9971%.