Abstract:
Dalam konteks interaksi proses belajar siswa yang kurang termotivasi.
Penelitian mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar siswa, dan
aktivitas belajar siswa melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok secara
efektif di kelas VIII MTs Budi Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan layanan bimbingan
kelompok .metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dengan desain
penelitianya menggunakan pre-test dan post-test. dan yang menjadi sampel pada
penelitian ini sebanyak 8 siswa dari kelas VIII-1 dari papulasi berjumlah 34 yang
mengalami motivasi belajar rendah. Dan dengan pengumpulan data yang dipakai
menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menujukan
peningkatan terhadap motivasi belajar setelah diberikan layanan dengan nilai rata-
rata sebesar 20,3 %, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok secara efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa
guru bimbingan dan konseling dapat berberperan aktif dalam dalam memotivasi
siswa untuk meminati pelajaran yang mereka kurang sukai, dan dengan layanan
Bimbingan Kelompok sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.