Abstract:
Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik
homework assigment. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengatasi Kesulitan
Belajar Teknik Homework Assigment Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan . Subjek penelitian ini
adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan yang berjumlah 32 orang
siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu sebesar 8 orang yang dianggap memiliki masalah yaitu kesulitan belajar
yang cenderung tinggi. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti
bersama guru BK di sekolah SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran
2018/2019. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara Teknik Homework Assigment melalui Bimbingan Kelompok
terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan
Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan
observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan
menggunakan observasi , teratasinya kesulitan belajar yang telah dicapai dengan
penerapan teknik homework assigment melalui layanan bimbingan kelompok yaitu
83%. Dengan demikian penggunaan teknik homework assigment melalui layanan
bimbingan kelompok dapat mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat
dilihat setelah dilaksanakannya layanan teknik homework assigment melalui
layanan bimbingan kelompok.