Abstract:
Penelitian ini dibatasi pada penerapan layanan konseling individual dalam
mengendalikan perilaku emosi broken home siswa.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perilaku emosi broken home siswa Kelas VIII SMP Budi Agung.
Untuk mengetahui bapakah bimbingan konseling individual dalam mengendalikan
perilaku emosi broken home siswa Kelas VIII SMP Budi Agung.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Agung Medan yang beralamat di
Jl. Platina Raya No. 7A Titipapan Medan Marelan.
Penerapan layanan konseling individual dengan pendekatan analisis
transaksional untuk meningkatkan pengendalian emosi pada siswa dikelas VIII di
SMA Budi Agung Medan tahun pembelajaran 2018/2019 dapat membantu para
siswa-siswi dalam meningkatkan pengendalian emosi siswa broken home.
Keadaan emosinal tidak bisa dihadapi oleh beberapa siswa di sekolah ini muncul
karena beberapa faktor, antara lain faktor lingkungan dan budaya serta lemahnya
pemahaman siswa terhadap dirinya. Hal ini yang membuat keadaan kelas menjadi
kurang berdamika, karena ada pengelompokan.