Abstract:
Empati adalah kemampuan individu untuk memahami perasaan, fikiran
orang lain secara mendalam serta adanya keinginan untuk membantu tanpa
individu tersebut kehilangan kontor dirinya. Dalam bersosialisasi empati sangat
diperlukan agar tercipta hubungan yang solid dan terciptanya kedamaian. Empati
juga berperan penting karena dengan empati individu dapat menyesuaikan diri dan
memahami orang lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan
empati siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen
penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Adapun hasil penelitian ini
adalah adanya peningkatan empati siswa pada siklus I yaitu terdapat sebanyak 3
siswa yang berkategori Sangat baik, dan 5 siswa berkategori Baik, sedangkan
pada siklus II terdapat 6 siswa masuk kategori sangat baik dan 2 siswa kategori
baik. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II
sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas XI SMA
Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019