Abstract:
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama (1) Saluran pemasaran
didaerah penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang
pertama yaitu dati petani langsung ke konsumen akhir, saluran pemasaran yang
kedu dari petani ke pedagang pengecer, dan pedagang pengecer ke konsumen
akhir. Saluran pemasaran tiga dari petani kepedagang pengumpul lalu dari
pedagang pengumpul ke pedagang pengecer laulu dari pedagang pengecer ke
konsumen akhir. Kedua (2 Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga
kerja, packing, dan biaya sewa tempat berjualan untuk pedagang pengecer (3)
Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 100% dengan biaya
pemasaran sebesar Rp. 20/Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran II
sebesar 75% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 1.408,67/Kg. Share margin
yang di peroleh pada saluran III sebesar 50% dengan biaya pemasaran sebesar Rp.
5.732,777/Kg. (4) Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 0,1% < 33%,
Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 7,043%< 33%, Efisiensi pemasaran
pada saluran III sebesar 19,10% < 33%