dc.description.abstract |
Persaingan antar usaha di Indonesia semakin meningkat, hanya perusahaan
yang mampu memberikan nilai lebih dibanding pesaing yang akan memenangkan
persaingan. Usaha meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan hal sangat
penting diperhatikan oleh produsen/pengusaha. Kepuasan pelanggan dapat
terwujud jika produsen dapat memenuhi keinginan konsumen yang berupa produk
yang bernilai guna, merek yang terpercaya, serta kualitas pelayanan yang
berkualitas.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji dan mengetahui Pengaruh
faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan pelanggan pada PT Transmart Medan
(studi kasus pada mahasiswa UMSU), Pendekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tak
terhingga, dengan teknik accidental sampling, sehingga diambil sampel 50 orang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
teknik dokumentasi..
Hasil dari penelitian ini membuktikan Secara parsial, masing-masing
variabel Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan
pelanggan PT Transmart pada Mahasiswa UMSU. Secara simultan, variabel
Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan
pelanggan PT Transmart pada Mahasiswa UMSU. Kualitas Produk, Harga dan
Pelayanan secara bersama-sama mempunyai berpengaruh sebesar 53,7% terhadap
Kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 46,3% Kepuasan pelanggan dipengaruhi
oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |