Abstract:
Kepuasan konsumen (Pengunjung) merupakan hasil atau persepsi yang
dirasakan oleh pembeli, sikap yang diputuskan berdasarkan pengalaman yang
didapatkan serta perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah
membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang
diharapkan.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kepuasan berkunjung
wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, angket, dan study pustaka. Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan
penegasan kesimpulan. kepuasan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Samosir
dengan batasan masalah perilaku masyarakat kabupaten Samosir untuk mencapai
tujuan kepuasan berkunjung wisatawan ke kabupaten Samosir di dalamnya
meliputi pengetahuan, sikap, praktek dan tindakan masyarakat. Dimana ke empat
indikator tersebut dapat berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung wisatawan ke
Kabupaten Samosir. Berdasarkan hasil dari data penelitian tentang kepuasan
berkunjung wisatawan ke kabupaten samosir masih banyak yang harus di perbaiki
dan di tingkatkan:1.Masyarakat Kabupaten Samosir masih kurang peduli terhadap
lingkungan pariwisata baik dari segi kebersihan lingkungan maupun dalam
penataan lingkungan yang indah. 2.Masyarakat maupun pedagang Kabupaten
Samosir masih rendah pelayanannya dalam menjual dagangannya kepada
pengunjung. 3.Masyarakat Kabupaten Samosir masih rendah dalam pengawasan
hewan peliharaan dan kerapian tata letak tempat peternakan. 4.Pemerintah dan
Masyarakat Kabupaten Samosir masih rendah dalam hal keamanan dan
kenyamanan dalam lingkungan pariwisata