Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
inovasi produk dan citra merek daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Yamaha Vixion pada PT. Alfa Scorpii Pusat Medan. Pendekatan
penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengukur
kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini Penulis
mengambil sampel sebanyak 100 pelanggan PT. Alfa Scorfii Pusat Medan.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh inovasi produk (X1) terhadap
keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 3.887 sementara ttabel 1,984
dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000<0.05 atau thitung 3.887> ttabel1,984.
Tidak ada pengaruh citra Merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y)
diperoleh nilai thitung sebesar 0.367 sementara ttabel1,984 dan mempunyai angka
signifikan sebesar 0.714>0.05 atau thitung0.367 < ttabel1,984. Hasil penelitian
menjukkan ada pengaruh daya tarik iklan (X3) terhadap keputusan pembelian (Y)
diperoleh nilai thitung sebesar 9.719 sementara ttabel1,984 dan mempunyai angka
signifikan sebesar 0.000<0.05 atau thitung 9.719 < ttabel 1,984. Hasil temuan
penelitian bahwa terdapat pengaruh inovasi produk, citra Merekdan daya tarik
iklan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil pengolahan data terlihat
bahwa nilai Fhitung(41.662) > Ftabel (2.70) bahwa ada pengaruh signifikan secara
simultan antara inovasi produk, citra Merek, dan daya tarik iklan terhadap
keputusan pembelian. Semakin baik inovasi produk, citra Merek, dan daya tarik
iklan maka akan semakin meningkatnya keputusan pembelian. Dengan nilai
koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0.568, hal ini memiliki
arti bahwa 56.8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel
Inovasi produk, Citra Merek, dan daya tarik iklan, sedangkan sisanya sebesar
43.2% diterangkan oleh variabel yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat
diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh inovasi produk, citra Merek, dan
daya tarik iklan secara simultan terhadap keputusan pembelian PT Alfa Scorpii
Pusat Medan.