Abstract:
Marketing Mix adalah inti dari suatu sistem pemasaran pada suatu
perusahaan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi permintaan akan produk
yang dihasilkan. Variabel dari marketing mix adalah produk, harga, promosi dan
tempat/lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem bauran
pemasaran (marketing mix)PT. Raihan Property Medan. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan studi pustaka.Teknik analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan
kesimpulan.Bauran pemasaran digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan yang
di dalamnya meliputi produk, harga, promosi dan tempat/lokasi, dimana ke-empat
variable tersebut dapat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan dalam
mencapai laba yang ditargetkan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain
dalam usaha sejenis. Berdasarkan hasil data penelitian tentang sistem bauran
pemasaran (marketing mix) pada PT. Raihan Property Medan, produk perumahaan
pada PT. Raihan Property Medan ada 10 tipe, harga yang ditawarkan
beranekaragam, promosi yang digunakan dengan periklanan, penjualan
perseorangan, dan promosi penjualan, tempat yang digunakan cukup luas. Maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) PT.Raihan Property Medan adalah
perusahaan yang bergerak dibidang industry peroperty perumahaan, yang
membuat rumah hunian yang bernuansa islami untuk dipasarkan/ditawarkan
kepada konsumen. 2) Harga yang ditawarkan perusahaan sangat beragam,
sehingga konsumen tinggal menyesuaikan pilihannya masing-masing. 3) Cara
promosi yang dilakukan perusahaan adalah dengan menggunakan media
periklanan (advertising) baik media cetak maupun media elektronik, penjualan
perseorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion). 4) Lokasi
untuk mendapat produk cukup luas tetapi agak jauh dari perkotaan.