Abstract:
belian dimana konsumen benar-benar akan membeli. Harga adalah jumlah
dari seluruh nilai yang konsumen tukarkan untuk jumlah manfaat dengan
memiliki atau menggunakan suatu barang dan jasa. Desain Produk adalah
kemampuan suatu barang untuk memberikan hasil / kinerja yang sesuai atau
melebihi dari apa yang diinginkan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Harga produk dan Desain produk terhadap keputusan pembelian Smartphone
Iphone pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muhammadiyah sumatera
utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuota sampling, dengan
sample 70 orang pengguna Smartphone Iphone. Populasi dalam penelitian ini
adalah pengguna Smartphone Iphone pada mahasiswa fakultas ekonomi dan
bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk
memperoleh data.
Pada uji hipotesis secara serempak (Uji F) variabel Harga produk dan
Desain produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Pada uji hipotesis parsial (Uji t) variabel Harga produk mempunyai
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel Desain produk
juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil
pengujian Adjusted R Square (R2) menunjukkan nilainya sebesar 0,487. Artinya
variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 49% oleh variabel Harga
produk dan Desain produk, sementara sisanya 51% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini