dc.description.abstract |
Perkembangan industri pariwisata tidak terlepas dari aspek-aspek yang
mendukungnya, diantaranya ialah usaha sarana pariwisata yang meliputi
penyediaan akomodasi, penyediaan makanan dan minuman, penyediaan
kelengkapan fasilitas, serta kawasan pariwisata.Akomodasi merupakan salah satu
komponen usaha sarana pariwisata yang mempunyai pengertian sebagai wahana
untuk menyediakan pelayanan jasa penginapan yang dilengkapi dengan pelayanan
makan dan minum serta jasa lainnya.
Hotel merupakan bagian yang integral dari usaha pariwisata yang menurut
keputusan Menparpostel disebutkan sebagai suatu usaha akomodasi yang
dikomersialkan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain kamar tidur
(kamar tamu), makanan dan minuman, serta pelayanan-pelayanan penunjang
seperti swimming pool, lounge, fasilitas laundry, fasilitas olahraga, serta fasilitasfasilitas penunjang lainnya.
Latar belakang penelitian ini adalah Untuk dapat mencapai kepuasan
pelanggan dengan cara perusahaan harus mampu menghasilkan dan
menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen. Kepuasan pelanggan
ditentukan oleh kualitas pelayanan yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan
kualitas menjadi perioritas utama bagi setiap perusahaan, yang pada saat ini
khususnya dijadikan sebagai tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai pengaruh citra
Perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di hotel dhaksina
medan. Kepuasan pelanggan ditentukan kualitas pelayanan yang diberikan kepada
pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap
perusahaan.Kualitas pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan akan dijadikan
sebagai tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan, yang dimana hal itu akan
berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan itu sendiri.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian
asosiatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua
variabel atau lebih.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling
insidental atau sampel kebetulan yaitu penentu sampel berdasarkan kebetulan, dan
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara
(interview) dan membagi angket(questioner). Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kuantitatif .
Ada pengaruh signifikan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan.
Ada pengaruh signifikan bukti Citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan.
Ada pengaruh signifikan antara Citra perusahaan dan Kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan. |
en_US |