dc.description.abstract |
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja
yang dirasakan, atau dibandingkan dengan harapan. Kepuasan dipengaruhi oleh berbagai faktor
antara lain kualitas produk dan harga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas
produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan
Medan. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan yang hanya berkunjung di PDAM Tirtanadi
Cabang Tuasan Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan
data menggunakan data primer dan kuesioner lalu diuji menggunakan validitas dan realibilitas.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji
hipotesis, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R-Square).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil penelitian tidak ada pengaruh signifikan
antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, adanya pengaruh yang signifikan antara
harga terhadap kepuasan pelanggan, adanya pengaruh secara bersama-sama antara kualitas
produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan. Nilai
R- Square adalah 0,115 atau 11,5% menunjukkan sekitar 11,5% kepuasan pelanggan dapat
dijelaskan oleh kualitas produk dan harga. Hal ini menunjukkan sekitar 11,5% kepuasan
pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga sisanya 88,5% dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |