dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap keputusan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan
Helvetia. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalahp enelitian asosiatif
kuantitatif adalah mengumpulkan, mengklasifikasikan, menganalisa serta
menginterpretasikan data yang berhubungan dengan variabel yang diteliti dan
membandingkan pengetahuan teknis (data primer) dengan keadaan yang
sebenarnya pada perusahaan untuk kemudian mengambil kesimpulan. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 80 orang nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang
Medan Helvetia. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis thitung diperoleh nilai
sebesar 5,682 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,664 maka diketahui bahwa nilai thitung
> ttabel. Maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 di tolak dan Ha
diterima, berarti ada pengaruh antara variabel Kualitas pelayanan terhadap
keputusan nasabah. Karena ketika konsumen akan mengambil suatu Keputusan
Nasabah, variabel Kualitas pelayanan merupakan pertimbangan, karena produk
adalah tujuan utama bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, maka
konsumen akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebutterusmenerus.Nilai koefisien determinasi (R-Square) adalah 0,293 atau 29,3%, nilai ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh antara Kualitas pelayanan terhadap Keputusan
Nasabah sebesar 29,3% dan sisanya 70,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak termasuk dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan merupakan salah satu factor penentu konsumen dalam menentukan
suatu Keputusan Nasabah terhadap suatu produk. Adanya pengaruh yang
signifikan antara variable Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Nasabah
konsumen pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Medan Helvetia. Hal ini
menunjukkan bahwa ketika Kualitas pelayanan meningkat maka pembelian juga
akan meningkat sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan
mempengaruhi Keputusan Nasabah. |
en_US |