Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk
dan harga terhadap terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada
mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Binsis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan asosiatif. Peneliti menggunakan teknik sampel ini
dikarnakan pelanggan tidak diketahui/ tidak dapat di ukur jumlahnya. Maka dari
itu jumlah penarikan sampel dapat di tentukan dengan jumlah 100 responden,
dimana penulis mengambil sampel 10 orang setiap harinya selama 10 hari. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner.
Hasil uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel
Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, diperoleh nilai
thitung sebesar 3.234 sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka signifikan
sebesar 0.002<0.05 atau thitung 3.234> ttabel1,984. Hasil uji-t diatas menunjukkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel Harga terhadap Keputusan
Pembelian pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, diperoleh nilai thitung sebesar 5,733 sementara
ttabel1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 atau thitung 5,733
> ttabel1,984. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh Kualitas Produk,
Harga terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil pengolahan data
terlihat bahwa nilai Fhitung (43,670) > Ftabel (2.70). Dengan nilai koefisien
determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0.474, hal ini memiliki arti bahwa
47.4% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas
produk, harga, sedangkan sisanya sebesar 52.6% diterangkan oleh variabel yang
tidak diteliti.