Abstract:
Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran jasa memegang
peranan penting dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk, Cabang Medan Thamrin Unit Serdang Medan selaku perusahaan perbankan.
Dalam aktivitas pemasaran jasa ini diperlukan strategi yang dijalankan oleh perusahaan untuk
mencapai tingkat kepuasan nasabah terhadap produk perbankan yang dihadirkan sebagai
pilihan bank yang menarik para nasabah untuk menabung atau bertransaksi jasa perbankan.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran jasa yang di
terapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Medan Thamrin Unit
Serdang Medan supaya meningkatkan kepuasan nasabah pada konsep bauran pemasaran
(marketing mix) terdiri dari 7P, yaitu : produk (product), harga (price), tempat/lokasi (place)
dan promosi (promotion), orang (people), fasilitas fisik (physical evidence) dan proses
(process). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan di hitung secara teknik
rata - rata hitung (mean) dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan
adalah secara umum, dalam bentuk angket yang ditunjukkan kepada para responden yang
dijadikan sampel yang diterapkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang
Medan Thamrin Unit Serdang Medan dalam meningkatkan kepuasan nasabah sudah cukup
baik dan tepat menjadi salah satu perusahaan perbankan yang di kenal luas oleh masyarakat,
khususnya di Medan.