Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja kepala sekolah dalam menjalankan
manajemen sekolah. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan dokumentasi. Jenis
penelitian ini menggunakan deskriptif dengan cara kualitatif. Penelitian ini menggunakan
sample sebesar 25 responden.
Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Tujuan deskrptif kualitatif adalah
untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, penomena, variabel dan keadaan yang
terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi.
Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang
terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi dalam masyarakat, pertentangan antara variable
yang timbul, perbedaan antar fakta yang ada serta pengaruhnya terhadap suatu kondisi, dan
sebagainya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum, keuangan, tenaga kependidikan, kesiswaan,
sarana dan prasarana, layanan khusus, dan hubungan masyarakat berpengaruh pada kinerja
kepala sekolah dalam Memanajemen Sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah.