Abstract:
Keputusan pembelian konsumen merupakan sebuah tindakan yang
dilakukan konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap produsen pasti
menjalankan berbagai strategi agar konsumen memutuskan untuk membeli
produknya.Keputusan pembelian timbul karena adanya penelitian objektifatau
karenadorongan emosi. Keputusan untuk bertindak adalah hasil dari
serangkaianaktivitas dan rangsangan mental emosional. Keputusan pembelian
dapat dipengaruhi dua faktor diantaranya Harga dan Lokasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Lokasi
Rumah pada PT. Wiratama Group Unit Grand Mansion Johor Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Wiratama Group Medan
dengan sampel sebanyak 100 orang menggunakan quota sampling. Teknik
pengumpulan data ini dengan wawancara (interview) dan kuisioner lalu uji
validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R-Square)
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Harga berpengaruh secara
signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung 4.263 >1.660 ttabeldan nilai
sig adalah 0,000 < 0,05. Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
Pembelian dengan thitung3.968 > 1.660 ttabeldengan nilai sig adalah 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil uji F didapat nilai secara simultan berpengaruh secara
signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Nilai R-Square determinasi 53,6%
memperlihatkan Keputusan Pembelian dipengaruhi Harga dan Lokasi dan sisanya
46,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.