dc.description.abstract |
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Citra
terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit, untuk mengetahui Pengaruh Kualitas
Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien dan untuk mengetahui Pengaruh Citra Dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Mitra Medika Yos
Sudarso Medan. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling.
Accidental sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 70 pasien
rawat jalan Rumah Sakit Mitra Medika Yos Sudarso Medan.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
citra perusahaan (X1), terhadap variabel kepuasan pasien (Y) yang ditunjukkan
thitung (4,786) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, pengaruh
positif kualitas pelayanan (X2), terhadap variabel kepuasan pasien (Y) yang
ditunjukkan diperoleh kualitas pelayanan diperoleh thitung (4,809) > ttabel (1,66)
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan secara simultan pengaruh citra
dan kualitas pelayanan yang ditunjukkan Fhitung (93,482) > Ftabel (3.11) dengan
tingkat signifikasi 0.000, dengan nilai R Square yaitu sebesar 0,749 atau 74,9%.
Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini,
misalnya promosi, harga dan fasilitas Rumah Sakit. |
en_US |