Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak
langsung Personal Selling, Sales Promotion dan Keputusan Pembelian sebagai
variabel Y terhadap keputusan pembelian.
Populasi penelitian ini adalah pengguna produk indihome di kalangan
masyarakat. Jumlah sampel 93 responden, data diperoleh dengan kuesioner. Variabel
penelitian personal selling (X1), sales promotion (X2) dan keputusan pembelian (Y).
Analisis data dengan metode regresi linear berganda, uji asumsi klasik, pengujian
hipotesis dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Personal Selling (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Sales
Promotion (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dan
variabel Personal Selling (X1) dan Sales Promotion (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
personal selling (X1) dan sales promotion (X2) berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) produk infihome pada PT. Telkom Indonesia.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Personal Selling dan Sales Promotion
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Disarankan kepada PT.
Telkom Indonesia hendaknya meningkatkan personal selling dan sales promotion
agar konsumen mengetahui produk indihome dan mendapatkan promosi dari PT.
Telkom Indonesia.