Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan
merek dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian handphone Samsung
galaxy J series pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Sampel penelitian 100 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji
t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial, kepercayaan merek
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan thitung 2,576 > 1,660 ttabel, dan
sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung 5,249 >
1,660 ttabel. Secara simultan kepercayaan merek dan sikap konsumen berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung 18,069 > 3,09 Ftabel Sig 0,00 < 0,05.
Nilai R Square 0,271 atau memperlihatkan 27,1% kontribusi kepercayaan merek
dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian handphone Samsung galaxy J
series pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara.