Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan
tidak langsung Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Citra Merek sebagai
variabel intervening terhadap Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah
pengguna kosmetik wardah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Jumlah
sampel 100 responden dengan asidental sampling. Data diperoleh dengan
kuisioner. Variabel penelitian Celebrity Endorser (X1), Kualitas Produk (X2),
Citra Merek (Z) dan Keputusan Pembelian (Y). Analisis data dengan deskriptif
persentetif persentase, Path Analysis, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorser (X1) berpengaruh
langsung terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dan tidak ada pengaruh langsung
Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek (Z)
berpengaruh langsung terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Celebrity
Endorser (X1) dan Kualitas Produk (X2) berpengaruh langsung terhadap
Keputusan Pembelian (Y). Hasil Uji path analysis menunjukkan bahwa Celebrity
Endoser (X1) tidak berpengaruh secara tidak langsung melalui Citra Merek (Z)
terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan terdapat pengaruh secara tidak langsung
Kualitas Produk (X2) melalui Citra Merek (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y),
sehingga dapat dikatakan bahwa citra merek memediasi pengaruh Kualitas produk
terhadap Keputusan Pembelian. Simpulan dari penelitian ini bahwa Celebrity
Endorser, kualitas Produk, dan citra merek sebagai variabel intervening
berpangaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap keputusan pembelian.
Disarankan hendaknya pihak wardah meningkatkan penggunaan Celebrity
Endorse, seperti penggunaan selebriti yang sedang popular. Pada kualitas produk
hendaknya pihak wardah mampu meningkatkan keandalan produk wardah seperti
keamanan kosmetik Wardah.