Abstract:
Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat menentukan dalam
pemasaran, dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi dan sangat ketat
merupakan kunci utama untuk memenangkan persaingan. Kepuasan konsumen
dapat diukur melalui pemberian nilai lebih kepada para pengguna jasa melalui
produk yang berkualitas dengan harga bersaing, dan terus meningkatkan
kualitas pelayanan kepada pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
kepuasan konsumen atas pengguna jasa pengiriman untuk PT. JNE dengan
pengiriman PT. Pos Cabang Medan.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang
melakukan pengiriman barang atau jasa pada PT. JNE dengan pengiriman PT.
Pos Cabang Medan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability
sampling dengan metode accidental sampling secara spontanitas sesuai dengan
karakteristik penelitian yaitu sebanyak 100 responden, dengan rincian 50
responden untuk pengguna jasa PT. JNE dan 50 responden untuk pengguna jasa
PT. Pos Cabang Medan. Teknik analisis data menggunakan uji statistic
Independent Sample Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata
kepuasan konsumen atas pengguna jasa JNE Cabang Medan sebesar 117,34
dengan pengguna jasa PT. Pos Cabang Medan sebesar 111,22 dengan selisih
nilai rata-rata sebesar 6,12. Sedangkan berdasarkan nilai Ttabel = 1,984 < 2,311
dengan nilai signifikasi < 10% (0,013 < 10%) maka Ho ditolak.