Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang jasa transportasi
pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Pendekatan penelitian ini berupa
deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengukur kekuatan hubungan antara
dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Penulis mengambil sampel secara
accidental sampling sebanyak 100 pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
angket sedangkat teknik aanalisa data yang digunakan adalah dengan
menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, pengujuan hipotesis dan
pengujian koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1)
terhadap kepuasan penumpang jasa (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 3.436
sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.001 < 0.05 atau
thitung 3.436 > ttabel 1,984. Ada pengaruh fasilitas (X2) terhadap kepuasan
penumpang (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 4.599 sementara ttabel1,984 dan
mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 atau thitung 4.559 < ttabel 1,984.
Hasil temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan penumpang. Berdasarkan hasil pengolahan data
terlihat bahwa nilai Fhitung (11.237) > Ftabel (2.70) bahwa ada pengaruh signifikan
secara simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan
penumpang. Semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan
perusahaan maka akan semakin meningkatnya kepuasan penumpang.
Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar
0.278, hal ini memiliki arti bahwa 27.8% variabel kepuasan penumpang dapat
dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, fasilitas, sedangkan sisanya sebesar
72.2% diterangkan oleh variabel yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat
diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas
secara simultan terhadap kepuasan penumpang PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) Medan.