Abstract:
Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Relationship Marketing
Terhadap Kepercayaan Nasabah pada BMT Al-Musabbihin Medan.
Dalam pendekatan kuantitatif, hakikat hubungan di antara variabelvariabel
dianalisis dengan menggunakan teori yang objektif. Hubungan variabel
yang akan dianalisis dalam penelitian ini yaitu relationship marketing terhadap
kepercayaan nasabah pada BMT Musabbihin Medan dimana variabel relationship
marketing sebagai variabel independen yang mempengaruhi kepercayaan sebagai
variabel dependen.
Hasil penelitian Hasil pengujian koefisien regresi nilai konstanta, dan nilai
koefisien dari relationship marketing (X) menyatakan bahwa setiap penambahan
(karena tanda +) satu nilai pada variabel relationship marketing akan memberikan
kenaikan. Artinya setiap relationship marketing bertambah.
Dari hasil uji koefisien determinasi model summary diperoleh nilai R
Square (R2 ) adalah 0,19% . Berarti bahwa variabel independen relationship
marketing mampu menjelaskan variabel dependen kepercayaan nasabah pada
BMT Al-Musabbihin Medan sebesar 0,19%. Sedangkan sisanya sebesar 0,81%
ditentukan atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam analisa
atau penelitian ini.