Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis yang
dilakukan BMT Mandiri Abadi Syariah. Pendekatan penelitian yang digunakan
merupakan pendekatan kualitatif dengan pengolahan data wawancara bersama
Pak Totok Darsono, Kepala Kantor BMT Mandiri Abadi Syariah. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa Baitul Māl wat at-Tamwil (BMT) merupakan lembaga
ekonomi atau lembaga keuangan syariah nonperbankan yang sifatnya informal.
BMT termasuk pelaku ekonomi mikro. Peran BMT dalam memberikan kontribusi
pada gerak roda ekonomi kecil sangat nyata, karena BMT langsung turun dan
masuk kepada pengusaha kecil. Dalam menjalankan roda bisnisnya, BMT
Mandiri Abadi Syariah menggunakan prinsip sifat Rosul yaitu siddiq (jujur),
amanah (dipercaya), tabligh (berkomunikasi/ membentuk jaringan yang luas) dan
sifat fatanah (peran dan tanggungjawab dalam mengelola bisnis dengan baik).