Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggantaksi online (Grab). Penelitian ini bersifat kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Agama Islam.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini 65 responden yang diambil dengan
menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random
sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dari populasi diakukan
dengan cara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas dan
Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Hipotesis melalui Uji T dan Uji Koefisien
Determinasi.
Hasil Pengujian dari uji t diketahui 8.971>1.998. Dan nilai signifikasi
sebesar 0,000 (lebih besar dari 0,05) artinya Ho ditolak ( Ha diterima).
Berdasarkan hasil tersebut dapat kesimpulan bahwa secara parsial kualias
pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Analisis
koefisien determinasi (R2) menyatakan nilai Adjusted R Square 56,10 %. Hal ini
berarti variable kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan sebesar 43,90%
dimana dalam hal ini termasuk dalam kategori sedang.