Abstract:
Keputusan Pembelian adalah merupakan perbuatan yang akan
diputuskan oleh pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang akan
mereka gunakan dan melalui pertimbangan, pengetahuan dan
informasi. Keputusan dipengaruhi banyak faktor diantaranya kualitas
produk dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap
Keputusan Pembelian di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan
pendekatan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa
yang menggunakan aplikasi e-commerce. Sampel penelitian ini
sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelititian ini menggunakan angket (kuisioner) dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi
klasik, uji t ,uji F dan koefisien determinasi.
Hasil persamaan regresi -11.356+0.439X1+0.661X2 hasil uji t
memperlihatkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Hasil uji F memperlihatkan kualitas produk dan gaya hidup terhadap
keputusan pembelian di E-Commerce berpengaruh secara signifikan.
Nilai Rsquare 0.158 atau 15,8% kualitas produk dan gaya hidup
berkontribusi terhadap keputusan pembelian dan sisanya 84,2%
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.