dc.description.abstract |
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan ketetapan harga secara parsial dan simultan terhadap
kepuasan pelanggan pada PT Harapan Indah.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
assosiatif dan kuantitaf. Penelitian assosiatif adalah salah satu jenis eksplanasi
(penjelasan) yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara dua variabel atau lebih guna memperkuat atau bahkan menolak
teori atau hipotesis hasil penelitian yang sudah ada. Metode penelitian kuantitatif
dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme,
yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu.
Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi dalam penelitian ini adalah
semua pengguna jasa transfortasi/ penumpang Bus Harapan Indah. Teknik yang
digunakan penulis yaitu Quota Sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan
menetapkan jumlah subjek yang akan diteliti.. Dalam hal ini penulis mengambil
cara kerja 10 hari dan 10 orang perhari. Tehnik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah wawancara (interview), daftar pertanyaan (questioner), uji
validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari pengujian validitas diketahui bahwa
seluruh butir pertanyaan berstatus valid dan berdasarkan pengujian reliabilitas
seluruh variabel berstatus reliabel karena memiliki nilai reliabelitas > 0,6. Tehnik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji
t, uji F dan koefisien determinasi.
Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
pelanggan Bus Harapan Indah diperoleh hasil signifikan t = 0,000, dimana
signifikan t lebih kecil dari a = 0,05, dan jika dilihat dari nilai thitung 5,083 >
ttabel 1,967. Ketetapan harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap
kepuasan pelanggan Bus Harapan Indah diperoleh hasil signifikan t = 0,001,
dimana signifikan t lebih kecil dari a = 0,05, dan jika dilihat dari nilai thitung
3,346 > ttabel 1,967. Kualitas pelayanan dan ketetapan harga berpengaruh
secara signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Bus Harapan Indah
dilihat dari nilai Fhitung 35,999 > FTabel 3,32 dengan sig 0,000 < a0,05, Nilai R
adalah 0,653 dan R-Square adalah 0,426 atau 42,60%, maka diketahui bahwa
pengaruh kualitas pelayanan dan ketetapan harga terhadap Kepuasan
pelanggan Bus Harapan Indah sebesar 42,60%. Artinya secara bersama-sama
variabel kualitas pelayanan dan ketetapan harga berpengaruh terhadap
Kepuasan pelanggan adalah 42,60% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel
lain yang tidak diteliti |
en_US |