Abstract:
Layanan Informasi adalah layanan yang memberikan pemahaman kepada
individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk
menjalani suatu tugas atau kegiatan atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau
rencana yang dikehendaki. Fungsi guru bimbingan konseling adalah memberikan
layanan kepada peserta didik agar dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini
dilakukan di SMP Muhammadiyah 05 Medan Jl. Bromo Gg. Aman No. 38 kec.
Medan Denai, provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi masalah dalamPenelitian ini adalah bagaimana layanan informasi dapat meningkatkan
pemahaman siswa tentang fungsi guru bimbingan konseling. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang
fungsi guru bimbingan konseling melalui layanan informasi pada siswa SMP
Muhammadiyah 05 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang
bekerjasama dengn guru bimbingan konseling disekolah dan siswa. Untuk
menentukan objek dalam penelitian ini yakni berdasarkan observasi dan
rekomendasi guru BK yaitu 13 orang siswa dari kelas VII yang sesuai dengan
kriteria yang dibutuhkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan
dengan mnggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis
data dan interprestasi data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan : layanan
informasi adalah solusi yang sangat tepat untuk masalah siswa yang kurang
pemahaman tentang fungsi guru bimbingan konseling. Karena mengingat masalah
tersebut memang perlu diperhatikan karena peran guru bimbingan konseling di
sekolah itu penting dan jangan sampai siswa salah mengartikan tentang guru
bimbingan konseling untuk menghindari hal tersebut maka perlu dilakukannya
layanan informasi.