DSpace Repository

IMPLEMENTASI METODE TAKRAR BERBANTU AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH O4 MEDAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Apniar
dc.date.accessioned 2020-10-23T04:39:56Z
dc.date.available 2020-10-23T04:39:56Z
dc.date.issued 2019-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5805
dc.description.abstract Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif; 2) Sumber data nya ialah data sekunder dan data primer yang penelitian ini adalah siswa dan guru Al-Quran SMP Muhammadiyah 0 4 Medan. 3) Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara; 4) teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya 1) Implementasi metode takrar yang dilaksanakan pada pembelajaran Al-Quran masih hanya sekedar melakukan saja, tanpa adanya menindaklanjuti dikedepan harinya. Akan tetapi jika dikaji dalam konteks hubungan kondisi siswa dengan pola kelompok, maka implementasi metode takrar dengan dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Al-Quran di SMP Muhammadiyah 0 4 Medan masih kurang berpengaruh kali bagi pengetahuan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kontadiksi hasil evaluasi, khususnya kelompok siswa dengan kemampuan rendah, antara evaluasi, pada tiap pertemuan dengan evaluasi pada pertemuan di akhir. 2) Dengan melihat dan memakai bantuan media audio visual, metode takrar ini pada mata pelajaran Al-Quran cukup efektif dan mudah dipahami siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 04 Medan, melihat juga hasil akhir dari evaluasi pembelajaran, Hal ini dikarenakan dengan dua faktor yakni: Pertama, faktor yang berhubugan siswa mampu melaksanakan praktek pengulangan hafalan Al-Quran dengan baik dan benar. Kedua adanya contoh video praktek membaca serta mengulang hafalan Al-Quran yang ditampilkan penulis dengan menggunakan bantuan media audio visual memakai proyektor. Pada satu sisi pembelajaran ini banyak memakan waktu yang dipakai, tetapi ini sudah cukup efektif untuk dilakukan. Namun pada mata pelajaran Al-Quran tentang murojaa’h ini penulis menemukan cara mengajar yang efektif dan mudah dipahami siswa menggunakan metode takrar dengan bantuan media audio visual. Melihat hasil tersebut, maka perlu adanya pengembangan dalam implementasi metode takrar dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Al-Quran di SMP Muhammadiyah 04 Medan. en_US
dc.subject Metode Takrar en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Mata Pelajaran Al-Quran en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE TAKRAR BERBANTU AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH O4 MEDAN 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account